Friday, 13 July 2018

RAWON DAGING


Rawon Daging

RAWON DAGING, vindex tengker

Banyak sekali dijumpai jenis rawon beredaran di pasaran.  Ada yang agak bening, ada yang hitam pekat, isian dan sajian pendampingnya macam2. Ada yang menggunakan daging sandung lamur, buntut, sengkel atau iga. 

Dua hal yang terpenting dalam sempurnanya pembuatan rawon. Yaitu harus mengerti karakter daging yang digunakan. Apakah memerlukan perebusan lama atau sebentar. Lalu pemilihan keluwak.  Pilih keluwak yang tidak pahit. Rasai dulu sebelum menggunakannya.
Pada resep dibawah saya gunakan bagian sengkel (bagian daging sapi yang berasal dari bagian dada bawah sekitar ketiak), agar bila direbus lama akan mengeluarkan saripati2nya, dan makin lembut, moist.

Note: sajikan rawon bersama nasi hangat, tauge kecil, sambal terasi atau sambal tomat, telur asin, kemangi dan kerupuk udang atau emping.  Sebelum menyajikan taburi dengan bawang goreng.

Bahan:
1 kilogram daging sengkel
2 liter air, untuk merebus
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
2 iris lengkuas, memarkan
5 lembar daun jeruk purut
2 sendok makan kecap manis (optional)
2 – 3 mata asam jawa
2 sendok teh garam atau sesuai selera
2 sendok makan minyak goreng, untuk menumis

Bumbu halus:
5 buah keluwak, ambil isinya, rendam dalam air hangat 200 ml
10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
4 sendok teh ketumbar
1 – 1 ½ cm kunyit
2 sendok makan gula merah
2 sendok teh terasi

Cara mengolah:
Rebus daging utuhan dengan 2 liter air, bila sudah medidih kecilkan apinya. Biarkan kurleb 1 – 1 ½ jam. Buang kotoran yang mengapung di permukaan.
Ambil dagingnya, lalu iris sesuai selera. Masukkan kembali ke dalam panci tadi.
Panaskan minyak dan tumis bumbu halus, daun jeruk purut, serai dan lengkuas hingga harum.  Masukkan tumisan ke dalam panci rebusan daging tadi. Besarkan apinya. Biarkan hingga mendidih.
Koreksi rasa dengan asam jawa, garam dan kecap manis.  Biarkan sejenak. Angkat.
_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...