Saturday, 27 January 2018

ALKMAAR "KEJU GOUDA"

ALKMAAR "KEJU GOUDA"

ALKMAAR "KEJU GOUDA", VINDEX TENGKER
Disebut keju Gouda karena merujuk pada daerah asal keju yaitu Gouda – Belanda utara. Keju dengan tampilan luar bulat pipih dan dilapis lilin pembungkus berwarna kuning – orange. 
Proses pembuatan keju ini pada awalnya dibuat dari susu sapi atau susu kambing segar kemudian ditambahkan kultur biang dan resep khusus dan diaduk terus menerus hingga terbentuk dadih atau tahu keju. 

Dadih inilah yang menjadi cikal bakal bahan keju. Lalu dadih dipadatkan dicetak berbentuk bulat pipih. Lalu dimandikan dengan air garam (metoda ini disebut “brine”) agar memiliki karakter rasa spesial.
Kemudian dikeringkan sebentar lalu dilapisi dengan lapisan lilin pembungkus berwarna kuning -  orange untuk memberikan ciri khas keju Gouda.  Setelah itu disimpan dalam kurun waktu tertentu, yang muda sekitar 4 minggu dan yang paling tua lebih dari 1 tahun. Semakin berumur rasanya semakin kuat dan semakin crunchie.  

Saat ini sulit dijumpai artisan keju seperti diatas.  Karena kebutuhan keju yang tinggi sekarang ini keju dibuat secara industri, dari artisan yang menggunakan susu segar berubah menjadi industri yang melalu tahap pasteurisasi susu sapi atau susu kambing lebih dahulu agar sanitasi dan higienitas lebih terjamin. 
Bukan berarti pembuat keju tradisional mengesampingkan sanitasi dan higyene.  Saya pribadi lebih menyukai artisan keju yang menggunakan susu segar yang tidak melalui tahap pasteurisasi, karena menurut saya lebih lembut, harum, creamy, manis – gurih susu .. melt in the mouth.
Adapun penggunaan keju ini adalah dimakan begitu saja sebagai camilan, ditambahkan pada sandwich, keju pada crouton, sebagai bahan tambahan cookies dan cake dll.

Alkmaar adalah salah satu tempat terkenal dengan tradisional cheese marketnya dan terdapat pelelangan keju. Tempat pelelangan keju ini menjadi salah satu atraksi turis yang sangat atraktif, bila di negara kita seperti tempat pelelangan ikan atau KUD nelayan, dimana pembeli akan meneriakkan harga ikan yang dimaui.  Siapa menaksir dengan harga tertinggi itu yang akan membawa pulang ikan.  Seperti itulah kira2.  

Bila berkunjung ke Alkmaar sempatkan mengambil photo karena penjaja keju menggunakan pakaian tradisional mereka, lengkap dengan klom (sandal kayu tipikal Holland) dan mereka masih menggunakan timbangan tradisional, bahkan yang mengusung keju adalah porter dengan menggunakan topi warna-warni sesuai dengan berat keju yang dipikul.  Menarik bukan. Dan yang pasti saya anjurkan adalah menyiapkan perut kosong karena kita diperkenankan mencicip keju dari berbagai penjual.

Berikut adalah foto2 dari tempat pelelangan keju.


ALKMAAR "KEJU GOUDA", VINDEX TENGKER

ALKMAAR "KEJU GOUDA", VINDEX TENGKER

ALKMAAR "KEJU GOUDA", VINDEX TENGKER

ALKMAAR "KEJU GOUDA", VINDEX TENGKER

ALKMAAR "KEJU GOUDA", VINDEX TENGKER

ALKMAAR "KEJU GOUDA", VINDEX TENGKER

ALKMAAR "KEJU GOUDA", VINDEX TENGKER

ALKMAAR "KEJU GOUDA", VINDEX TENGKER

 _____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...