Saturday, 20 January 2018

KETAN taburan BUBUK KEDELAI



KETAN taburan BUBUK KEDELAI

KETAN taburan BUBUK KEDELAI, vindex tengker

Aneka macam jajanan dari beras ketan kukus. Salah satunya yang paling sederhana adalah ketan bubuk.  Pilihlah ketan yang pulen, bersih, putih dan wangi. Bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, pilih beras ketan yang utuh (beras kepala), hasil akan sangat memukau memuaskan sekali.

Berbagai macam variasi untuk topping selain bubuk kedelai, coba parutan kelapa, bubuk kedelai lalu guyur cakep dengan gula merah cair. Untuk rasa pedas boleh dicoba dengan aneka sambal matang (sambal bajak, sambal terasi dll. Buat dalam versi chunky).  Taburan serundeng pedas atau manis hokeh juga pastinya.

Tentu boleh sekali bila ingin mencoba dengan menggunakan raisin, kurma potong kecil2 atau buah2 kering yang lain.
Bila menginginkan tekstur ketan yang tidak terlalu lengket, lompati step merendam, karena merendam akan membuat tekstur lebih lunak dan lengket.

Bahan:
500 gram beras ketan putih, rendam kurleb 2 ½  jam atau hingga mengembang
400 ml Santan, dari 1/2 butir kelapa
2 lembar daun pandan, ikat simpul
1 sendok teh garam

3 sendok makan wijen putih, sangrai

Bahan taburan bubuk kedelai:
100 gram kedelai putih
2 lembar daun jeruk purut, buang tulang tengahnya
½ sendok teh garam
½ sendok teh gula
2 siung bawang putih, cincang halus

Cara Membuat:
Panaskan dandang untuk menanak nasi, isi dengan air di bawahnya, biarkan mendidih. Lalu kukus ketan yang selama 10 menit. Angkat dan sisihkan.
Didihkan santan, daun pandan dan garam sambil diaduk sesekali.  Aron ketan yang telah dikukus ke dalam santan, aduk hingga santan habis.
Kukus kembali ketan selama 30 menit hingga matang. Angkat.

Bubuk Kedelai: Sangrai kedelai dan daun jeruk hingga kering dan matang, matikan api. Tambahkan bawang putih goreng, gula dan garam.  Biarkan agak dingin sedikit lalu haluskan
Sajikan ketan dengan taburan bubuk kedelai dan wijen sangrai.

Note: bila menggunakan rice cooker, setelah ketan direndam, masukkan beras ketan, santan, garam, daun pandan.  Aduk agar tercampur. Lalu nyalakan rice cookernya. Setelah lampu menunjukkan matang, biarkan 10 - 15 menit agar lebih tanak.  Lalu angkat.

_____



 

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...