Monday, 29 January 2018

POTATO SKIN



POTATO SKIN

POTATO SKIN, vindex tengker

Saya membuat pototo skin ini biasanya untuk teman nobar piala dunia.  Kentang di oven pada siang hari, lalu simpan dalam kulkas.  Malamnya, tinggal atur2 lalu masukkan ke dalam oven.. lalu jadi. 
Sederhana, enak dan mengenyangkan!

Bila ingin menambahkan brokoli, silakan.  Sebaiknya brokoli dipotong kecil2 lalu dioven agar matang.
Bacon yang saya gunakan adalah bacon yang tidak halal.  Boleh diganti dengan beef bacon.

Sebaiknya disajikan hangat.

Bahan:
 6 buah kentang 
100 gram mentega tawar
1 cangkir keju cheddar (gunakan artisan cheddar agar rasa lebih maksimal, tetapi agak mahal)
Sour cream secukupnya untuk cocolan
6 slices bacon, panggang kering, cincang kasar
Irisan daun bawang dan peterseli untuk taburan
Garam Kosher dan lada hitam secukupnya

Cara membuat:
Panaskan oven dengan suhu tinggi. Alasi baking tray menggunakan aluminium foil.  Atur kentang diatasnya.  Oles dengan mentega lalu tabur sedikit dengan merica dan garam.  Oven selama 35 menit atau hingga matang.

Angkat dan biarkan dingin. Belah menjadi 4.  Keruk tengahnya sedikit saja agar membentuk cekungan (tengahnya boleh dijadikan makanan yang lain, misal perkedel, kroket dll)

Posisikan tombol oven pada tombol broil.

Olesi masing2 celekukan kentang dengan mentega leleh.  (Bila menggunakan brokoli, atur brokoli pada step ini.  Boleh ditambah irisan rawit bila suka). Tabur sedikit dengan garam dan merica. Lalu masukkan ke dalam oven agar kulitnya mengering kurleb 3 – 5 menit. Angkat.

Tabur atasnya dengan keju Cheddar, lalu oven lagi kurleb 2 menit.  Tabur atasnya dengan bacon cincang dan daun bawang.  Sajikan dengan sour cream.

_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...