Monday, 8 January 2018

SOP DAGING SAPI BENING



SOP DAGING SAPI BENING

SOP DAGING SAPI BENING, vindex tengker

Sop daging sapi ini sangat terkenal di daerah Jawa Timur bagian barat dan Jawa Tengah bagian timur (Jogja, Semarang, Solo, Madiun dan Kediri). 

Saya gunakan daging sapi bagian sengkel (schenkel – bhs Belanda, Shank – bhs Inggris) yaitu bagian paha depan bagian atas. Ciri daging ini bila direbus tidak mengeluarkan lemak yang terlalu banyak, semakin lama direbus menggunakan  api kecil semakin empuk dan lembut. Bagian ini cocok untuk membuat sup / sop, soto dan bakso urat.

Bisa menggunakan bagian lain, namun harus di-adjust lamanya waktu merebus (bila lulur hanya memerlukan waktu merebus yang singkat, buntut – hampir sama dengan sengkel lama merebusnya,  dll).
Direbus dalam potongan besar terlebih dahulu, lalu baru dipotong kecil2 sesuai selera, dengan maksud agar daging lebih moist dan lumer.

Penjual sup biasanya menyimpan daging yang telah matang terpisah dari kuah, agar daging tidak hancur bila terlalu lama dijerang diatas api, lalu baru memotong kecil2 bila akan disajikan. Bahkan ada yang menggoreng terlebih dahulu potongan daging yang besar, dengan maksud agar lebih gurih.  Lalu baru diiris kecil2 sebelum menyajikan.

6 -  8 porsi

1 kg daging sapi bagian sengkel, potong menjadi 4 bagian
½ bawang bombay
2 batang seledri, ikat jadi satu
2 L air
1 sendok makan minyak goreng, untuk menumis
3 batang daun bawang, iris2 (2 batang untuk ditumis, 1 batang untuk taburan)
250 gram wortel, kupas, iris tipis2 bulat
250 gram kentang, kupas, belah 2 lalu potong dadu sedang
2 buah tomat, belah 2 lalu masing2 potong menjadi 4 bagian
1 ½ sendok teh lada
½ sendok teh parutan pala
1 – 1 ½  sendok makan garam
½ sendok makan gula (optional)

Bumbu, haluskan:
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Taburan: 2 sendok makan bawang merah goreng

Cara membuat:
Rebus daging sapi, bawang bombay dan seledri ikat dalam 2 L air hingga mendidih, lalu kecilkan apinya dana tutup pancinya. Sesekali buang kotoran yang mengapung di permukaan.  Biarkan hingga sengkel benar2 empuk, kurleb 1 ½ jam. 

Ukur kaldunya sebanyak 2 lt, bila kurang tambahkan air panas secukupnya.  Jerang kembali di atas api hingga mendidih. 
Angkat daging dan potong sesuai selera, lalu kembalikan ke panci kuah.

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus dan daun bawang hingga harum, lalu masukkan ke dalam panci.  Didihkan kembali di atas api kecil dalam panci tertutup selama 15 menit hingga bumbu meresap.

Masukkan wortel dan kentang. Bumbui dengan merica, garam dan lada. Biarkan hingga kentang dan wortel empuk. Bila semua sudah matang, angkat.

Sajikan dengan taburan bawang merah goreng dan irisan daun bawang.

_____

 

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...