Thursday, 18 January 2018

LAWAR KACANG PANJANG BALI dan ayam suwir

LAWAR KACANG PANJANG BALI dan ayam suwir

LAWAR KACANG PANJANG BALI dan ayam suwir, vindex tengker

Berbagai macam versi lawar kacang panjang Bali. Ada daerah yang memasaknya dengan merebus bumbu tumis halus kedalam santan lalu kemudian mencampurnya dengan kacang panjang rebus. Ada pula yang tidak menggunakan santan. 

Potongan kacang panjangpun berbeda, ada yang memotong pendek2, ada pula yang membelah 2 memanjang. Coba2 saja semua, yang penting rasanya enak.
 Lawar kacang panjang ini agak sedikit beda, karena saya penggemar tauge kelas berat, maka saya tambahkan tauge mentah sedikit agar krenyes2.  Boleh pula tauge di guyur dengan air panas, biar agak lembut.

Sebaiknya kacang panjang dipotong sedikit pada kedua ujungnya lalu direbus panjang2, baru kemudian dipotong pendek2.   Maksudnya agar kacang lebih lembut.
Lawar ini enak sekali disantap dengan nasi panas pulen, dan taburan kacang tanah goreng. Boleh juga dengan kerupuk ceker.  Wueee.. enak sekali!

Bahan:
16 lonjor kacang panjang, rebus lalu potong pendek
1 buah dada ayam tanpa tulang
1 cangkir tauge, bersihkan
1 ½ - 2 sendok teh garam
300 gram kelapa tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, panggang lalu parut memanjang
1 sendok makan gula merah sisir
Minyak untuk menumis

Bahan bumbu, haluskan :
12 butir bawang merah
6 siung bawang putih
4 buah cabai rawit, boleh lebih atau kurang tergantung selera
1 sendok teh terasi panggang
1 cm jahe
30 gram jangu (optional)
1 – 1 ½ cm kencur
3 buah cabai merah besar
1 – 1 ½ cm kunyit panggang
3 butir kemiri sangrai
2 sendok makan bawang merah dan bawang putih goreng untuk taburan

Cara membuat:
Setelah dibersihkan, lumuri dada ayam dengan garam dan merica. Lalu rebus dalam air mendidih hingga matang.  Angkat dan suwir2 lalu sisihkan.
Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus hingga wangi. Angkat.
Penyajian: campur kacang panjang, tauge, kelapa parut, garam, gula merah, ayam suwir dan tumisan bumbu. Tambakan perasan jeruk lemo lalu aduk lagi sebentar. Koreksis rasa lalu tabur dengan bawang merah dan bawang putih goreng dan segera sajikan.
_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...