Tuesday, 23 January 2018

SCALLOPS dengan SAUS ROMESCO

SEARED SCALLOPS with ROMESCO SAUCE

SEARED SCALLOPS with ROMESCO SAUCE, VINDEX TENGKER

Saus romesco adalah saus berasal dari Catalunna, daratan Spanyol, yang berbahan dasar red pepper dan mix nut (almond, pine nut dan hazelnut), dipanggang lalu dihaluskan.

Romesco bisa disantap dengan seafood apa saja. Kali ini akan saya padukan dengan scallops. Kolaborasi antara scallops yang gurih, kenyal, creamy pas masuk ke dalam rasa saus romesco yang sedikit asam, nutty dan segar.

Scallop dibawah, saya gunakan yang berukuran 60 gram masing2.  Waktu memasak disesuaikan bila anda menggunakan scallop yang lebih kecil.

Bahan:
16 buah scallops yang besar (ukuran 60 gram masing2)
Garam
Merica putih yang segar, yang baru dicrack
4 sendok makan mentega
Sedikit baby spinach dan ubi iris memanjang goreng untuk garnish

Cara mengolah scallops:
Keringkan scallops menggunakan papper towel.  Taburi dengan sedikit garam dan merica, biarkan 5 menit.
Panaskan mentega diatas griddle, atau skillet (penggorengan dengan dasar tebal – agar tidak gampang gosong). Masak scallop diatas griddle. Biarkan kurleb 1 ½ menit atau hingga kecoklatan. Lalu masak sisi sebelahnya kurleb 1 menit. Angkat, siramkan sedikit lelehan mentega yang berada diatas ke atas scallops penggorengan.

Cara menyajikan: Sendokkan saus romesco diatas piring saji, lalu letakkan 4 scallops diatasnya dan hias menggunakan daun baby spinach dan ubi goreng. Letakkan pula irisan lemon di sampingnya sebagai peneman.
   

SAUS ROMESCO

Bahan:
 1 buah tomat besar
5 siung bawang putih
½ cangkir kacang almonds
2 buah paprika merah
¼ cangkir virgin olive oil
2 sendok makan sherry vinegar
1 sendok teh garam Kosher
 1/8 sendok teh cabai merah besar

Cara mengolah:
Panaskan oven.  Alasi loyang menggunakan aluminium foil.  Atur bahan2 diatas lalu oven kurang lebih 10 menit atau hingga almond harum. Angkat almond dan biarkan sisannya hingga lunak, kurleb 15 -20 menit lagi. Angkat. 

Kupas kulit tomat dan kulit bawang putih. Buang tangkai paprika, cabai merah besar dan bijinya.
Setelah agak dingin lalu blender bersama hingga halus. Koreksi rasa dengan garam dan merica.  Bila terlalu cair boleh ditambahkan toast bread, lalu blender lagi.

Simpan dalam airtigh container dan simpan dalam kulkas bertahan hingga 5 hari.

_____

 

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...