Sunday, 12 November 2017

AYA – PERUVIAN Restaurant, Seminyak Bali


peruvian restaurant,. vindex tengker

AYA – PERUVIAN Restaurant, Seminyak Bali

Resto yang menyandang gaya Peruvian cuisine ini terletak di jalan Peti Tenget – Seminyak.  (sekedar intermezo, Peti Tenget berarti Peti yang sangat angker, jaman dulu th 1989 ketika saya tinggal di Bali, daerah ini masih terbilang sepi, kalau siang menjelang masih sejuk adem karena dipenuhi pepohonan, sun rays pun masih kelihatan selepas subuh menjelang pagi.  Angkot, ibu2 penjual makanan pun belum ada didaerah pantai Peti Tenget. 
Kalau mau mencari makan, kudu naik motor agak jauh. Saat itu hanya terdapat beberapa villa, dapat dihitung dengan jari, itupun jaraknya berjauhan. Kalau malam.. jangan ditanya.. sepinya ampun2. Nah itu dulu.. )

Kembali ke Aya Peruvian. Tempat ini berkonsep bar dan resto dimana orang bisa duduk2 santai sembari menikmati minuman dan snack / tapas di bagian luar resto, lalu masuk ke dalam bila ingin menikmati makanan berat.   
Restonya cukup besar menampung kurleb 60 an dudukan, satu jalan masuk menuju tengah dan kanan kiri sebaris adalah meja-tempat duduk untuk makan, tapi ramainya jangan ditanya. Untuk itu disarankan membuat reservasi terlebih dahulu. 

Bagi yang suka dengan street art, resto ini tempatnya untuk berfoto2 selfie / wefie ala ala kekinian. Bahkan ada satu area di dekat tangga diperuntukkan khusus untuk berfoto.  Sepertinya bukan hanya itu saja, menurut saya tempat ini sangat instagramable, pas untuk selera kekinian.

Bar dan resto pimpinan Chef Marco Cueva ini memfokuskan diri pada Peruvian cuisine, yaitu olahan makanan dari Peru, dimana orang2 culture Peru sendiri adalah percampuran antara lebih dari satu suku (Inca, imigran dari Eropa: Jerman, Spanyol, Italia, Asia: Cina dan Jepang, sedikit dari benua Afrika). Bisa dibayangkan ya, kekayaan kuliner mereka.

peruvian restaurant, vindex tengker
Ini adalah kitchen bar

peruvian restaurant, vindex tengker
 Mari kita lihat sajian yang rombongan kami pesan saat itu.
ceviche, vindex tengker

Classic Ceviche. Sajian ini terkenal dengan rasa segar yang ditimbulkan. Terbuat dari ikan mentah yang di cure dengan lemon atau lime dan ditambah dengan herbs and spices. Peru adalah dedengkotnya ceviche. 
Didalam sajian ini digunakan mahi2, cumi, dan udang. Sepertinya digunakan santan sedikit sebagai kuah agar ada rasa gurih2 sedikit. 
Wah sepertinya kalau hanya segelas rasanya sih kurang. Saya bisa duduk dan menghabiskan bergelas2..haha

amuse bouche, vindex tengker

Prawn Soup amuse bouche. Ini adalah sup udang tanpa isi, nyaris seperti tom yam nya Thai tapi menggunakan santan. Creamy, gurih, pedas dengan ending segar.

vindex tengker

Pulpo al Olivio, Octopus with Kalamata Mayonaise.  Dish ini tipikal Peruvian cuisine, terbuat dari octopus yang direbus dengan bumbu2 lalu disiram dengan mayonaise yang diblender bersama olive fruit dan olive oil.   
Sepertinya ditambah sedikit jeruk cui. Enak sekali, segar.  Bisa digunakan sebagai appetizer ataupun disantap saat maincourse.

vindex tengker, peruvian food

Novoandino, Barramundi with quinoa, asparagus and red paprika chimicuri. Novoandino adalah style cuisine moderen dari Peru dan negara2 sekitar pegunugnan Andes (pegunungan terpanjang di dunia), yang menggabungkan tehnik moderen dengan bahan2 tradisonal yang biasa moyang mereka pergunakan. Istilahnya mereka menggali-gali culture moyang mereka untuk diadaptasi dengan keadaan sekarang. 
Memang berbicara masalah makanan adalah berbicara juga tentang culture, karena makanan tidak bisa dilepaskan dengan tradisi dan budaya.

Nah di dalam menu ini sepertinya quinoa dimasak dengan kaldu lalu ditambah dengan tumisan onion dan garlic. Lalu barramundi di pan-fried dan disajikan dengan quinoa dan ditambah butter sauce. 
Perlu diketahui dari jaman moyang mereka, Peru adalah penghasil quinoa. Fungsi quinoa disini adalah sebagai pengganti beras.  Lalu disajikan dengan chimicuri, yaitu saus yang terbuat dari vegetable oil, garlic, parsley, oregano, vinegar dan ditambah paprika. 
Rasa gurih manis, creamy gurih dari quinoanya, segar dari sedikit tambahan vinegar. Wuuhhh benar sekali kaya rasa.

peruvian food, vindex tengker

Chaufa, Peruvian Fried Rice Seafood and roast Pork Belly.  Ini adalah nasi goreng percampuran antara Chinese dan Peruvian dengan isian seafood dan daging babi bagian perut yang dipanggang. Chef Marco menceritakan bahwa ada percampuran antara Chinese culture dengan Peruvian, maka jadilah si nasgor Peru ini. Walah baru tau saya..

Menu ini seperti nasgor pada umumnya yaitu nasi yang digoreng dengan onion, garlic, lalu ditambah isian seafood dan daging babi panggang lalu di toss dengan kecap dan dimasak menggunakan Chinese wok dengan api yang super besar. Hahaha.. nasgor ini enak sekali.
chocolate fondant, vindex tengker

Chocolate fondant dan vanilla ice cream.  Seperti pada umumnya chocolate fondant, memerlukan tehnik yang pas agar kematangannya pas dan menampilkan lelehan chocolate ketika diiris tengahnya.  

mojito, vindex tengker

Mojito. Bahan utama adalah Rhum, lime juice dan daun mint lalu ditambah dengan santan.  Nah si mojito ini menemani dan menyempurnakan seluruh sajian dari awal hingga akhir.

_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...