Thursday, 2 November 2017

MAZE GRILL – London

josper, vindex tengker
Siapa tidak mengenal Gordon Ramsey di dunia perkulineran? Chef celebrity terkenal dengan karakter tajam dan pedas serta pengusaha resto yang kondang lewat salah satu tayangan program TV.   
Nah, Maze Grill adalah salah satu dari sekian banyak resto dibawah asuhan tangan dinginnya.

Resto berkonsep all day dinning ini terletak di Marble Arch dan Bond Street, tengah kota London, mengusung tema grill, steak, sushi dan sashimi. Resto berlantai dan berperabot kayu, dengan meja persegi di tepian jendela dan sofa berwarna hijau setengah lingkaran, serta lampu gantung tampak membuat interior kelihatan sejuk dan bersih. 
Lalu dipinggirnya terdapat bar dan difungsikan sebagai tempat makan bila meja di resto sudah penuh, seperti malam ini beberapa orang duduk disana.

Resto ini menggunakan cara tradisional, kayu bakar untuk memanggang makanan. asap yang ditimbulkan dalam penggunaan kayu bakar tentu mempengaruhi rasa dan aroma yang membuat makanan lebih nikmat, misalnya kayu rambutan, kayu kopi, kayu pinus dll.
 
devil eggs truffle cream, vindex tengker
Devil egg with truffle cream, makanan pembuka klasik ini terbuat dari telur rebus yang diambil kuningnya, dan diaduk bersama mayones, sour cream dan bumbu2 lain, lalu dikembalikan lagi ke tempat kuning telur, kemudian atasnya ditambah dengan irisan tipis2 jamur truffle. 
Dengan hanya sedikit sentuhan jamur truffle, membuat hidangan ini nikmat seperti hidangan ala ala kerajaan. 
Tingkat kematangan jamur yang paling mahal ini berpengaruh pada aroma yang keluar, yang pada akhirnya mempengaruhi aroma dan rasa sajiannya.
 
fried calamari, vindex tengker
Salt and pepper calamari. Ini adalah cumi goreng tepung seperti pada umumnya.  Bila dimasak menggunakan bahan yang bagus dan tehnik yang benar akan menghasilkan hidangan yang luar biasa.   
Nah salt pepper calamari ini berasal dari bahan yang bagus dan menggunakan tehnik yang benar, ditandai dengan rasa yang segar, fresh, manis dan tidak alot, taburan fresh grind sea salt dan fresh grind black pepper menghasilkan paduan rasa yang kaya.

onion ring, vindex tengker
Onion Ring. Begitu pula dengan onion ring, termasuk dalam hidangan sederhana, dalam arti komplektisitasnya rendah, namun bila detail2 diperhatikan (bahan dan tehnik) akan membuat hidangan ini sempurna.
burrata, vindex tengker
Burrata marjoram, lemon and mint.  Ohh I tell you, once you have a chance to come here, pls order this dish.   
Dish ini adalah roh dari dinner saya malam itu.  Burratanya... alamakkkkk terlalu rumit dilupakan.  Burrata adalah keju mozzarella yang dalamnya diisi dengan cream dan stracciatella. 
Semuanya dibuat fresh ditambah dengan daun marjoram, lemon dan daun mint.  
Rasa manis, gurih, creamy, buttery, asem, segar dengan ending semriwing..hahhaa lezatos!

rib eye rare breed, vindex tengker
Rare breed rib eye 10 oz.
Untuk steak resto ini menyediakan British native breed, yaitu sapi keturunan asli Inggris, dengan proses dry aged 21 days. 
Dry aged artinya setelah sapi dipotong lalu disimpan diatas rack atau digantung sebelum dikonsumsi. Penyimpanan dalam ruang ‘dry aging room’ yang telah diatur suhu, kelembapan dll. Penyimpanan ini berpengaruh terhadap rasa dan keempukan.   
Kapan2 akan saya uraikan mengenai daging sapi.

Rare breed, dry aged 28 days, bila didefinisikan kira2 adalah livestock yang jumlahnya sangat sedikit atau jarang2. Dengan proses penyimpanan untuk menghasilkan rasa yang optimal yaitu disimpan selama 28 hari.

Lalu US and Japanese breed, grain fed.

British native dan rare breed, menggunakan rumput sebagai pakan, sebaliknya US dan Japanese breed menggunakan biji2an.  Hal ini berpengaruh terhadap komposisi nutrisi dari daging yang dihasilkan.  Akan saya uraikan lain kali.  
Steak tsb diatas hanya dipanggang saja diatas arang kayu di dalam oven - grill yang disebut josper. Tidak menggunakan bumbu apa2, kecuali garam dan merica.
Jadi ya saya sarankan, sebelum mengkonsumsi steak, sebaiknya mengetahui seluk beluk tetang daging sapi.  Biar makannya tambah afdol.. haha.

portobello mushroom, vindex tengker
Grilled portobello sebagai pelengkap steak tsb diatas. Jamur portobello yang dipanggang dengan olesan olive oil dan taburan chopped herbs. 

cream brulle rhubharb, vindex tengker
Sebagai dessert saya pilih Cream Brulle rhubharb. Rhubharb adalah tanaman keladi yang sebagian besar komposisi batangnya mengandung, biasanya digunakan sebagai bahan campuran untuk pudding, pie dll. 
Dalam sajian ini rhubharb dipotong2 batangnya lalu direbus hingga hampir menjadi bubur lalu ditambah bumbu2 dan gula.

blackberry and brown sugar eton mess, vindex tengker
Dessert berikutnya adalah Black Berry and brown sugar Eton mess dengan siraman Prosecco Fio extra dry
Nah ini adalah dessert klasik dari negara Inggris yang mencampurkan black berry, brown sugar dan meringue dan whip cream dan diguyur dengan Prosecco wine Itali.  Wuiii... serasa di awang2.. perpaduannya pas, enaknya ga kira2.

 _____




RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...