Sunday, 12 November 2017

HERB CRUSTED BLACK COD FILLET with VIN BLANC SAUCE

black cod, vin blanc sauce, vindex tengker

 HERB CRUSTED BLACK COD FILLET with VIN BLANC SAUCE

Ini adalah menu ikan andalan saya bila tampil keluar.  Black cod pan fried dengan topping-an cincang dedaunan, serta tambahan saus cream anggur putih.. wuiih rasa ikan dan saus pas, nyeresep ke pori2 lidah. 
Tidak eneg sama sekali, karena cincangan dedaunan menyegarkan aroma dan rasa, ditambah wangi anggur putih pada puncak rasa..
Cari ikan cod yang masih segar dan bagus, serta pilih wine yang dry, pasti hasil akan luar biasa..

Bahan:
4 x 80 gram masing black cod tanpa tulang
60 gram herb mix (cincangan: basil, coriander, thyme, rosemary, bread crumb, olive oil)

Bahan saus vin blanc:
1 cangkir whipped cream
¾ cangkir dry white wine
2 sendok makan tepung terigu
1 sendodk teh garam kosher
1 sendok teh parley cincang

Cara mengolah:
Lumuri ikan dengan garam dan lada. Panaskan wajan anti lengket dan masak ikan dengan sedikit olive oil kurang lebih 2 menit untuk kedua sisinya.  Lapisi sisi pada bagian kulit dengan mix herb. Lalu panggang dalam oven panas 180 C selama kurleb 7 menit atau hingga ikan matang.  Sisihkan.

Cara membuat vin blanc sauce:
Panaskan whipped cream dalam wajan anti lengket dengan api sedang, masukkan wine aduk sebentar, lalu tambahkan tepung, garam dan aduk. Sebelum angkat masukkan parsley. 
Sajikan ikan dalam piring satu persatu lalu tuang saus dibawahnya. Sajikan dengan pickled onion, shallot sebagai pemanis.

_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...