optional

Tuesday 31 October 2017

CICCHETI - London

CICCHETI - London

vindextengker

Restauran yang saya datangi ini terletak di Picadilly, area komersial padat pengunjung, ramai, hidup 24 jam. Meng-claim dirinya sebagai restauran otentik Italia dan pernah mendapatkan award-winning.  
Terlihat dari kesan pertama pada pintu masuk, waaaa.. beneran serasa di Italia, daging kaki babi yang telah dikeringkan bergantungan, disebut prosciutto (berasal dari kaki babi bagian atas atau pangkal paha dari kaki bagian belakang ini telah melalui proses pengawetan tradisional, pengawetan di udara terbuka selama berbulan-bulan bahkan hingga 2 tahun bergantung pada ketebalan paha babi). 
Parma Ham atau prosciutto di Parma adalah prosciutto dari propinsi Parma-Itali yang sangat kondang. 
Cara penyajiannya dengan mengiris tipis2 sekali, dan dimakan begitu saja atau dengan keju sebagai peneman wine atau sebagai topping pizza, sandwich, pasta dan makanan Itali lainnya.  
Spanyol juga mempunyai ham andalan dari Iberica, disebut Jamon Iberica, dari Perancis adalah Jambon de Bayonne).
Restauran beratap rendah dengan interior moderen, tempat duduk berdekatan, typical restauran negara2 barat yang minim lahan. Design bar counter memanjang dilengkapi dengan koleksi wine yang super lengkap, serasa surga bagi penyuka minuman wine.


Bread disajikan setelah kami memesan makanan.  Bread ini ditemani oleh olive oil khas Itali, tercium dari aromanya yang sangat fruity, kemudian herbed butter yaitu mentega yang diaduk dengan campuran Italian herb, dan plain butter.

vindextengker

Sejenak setelah kami ber-enam di escort ke tempat duduk, lalu kami disuguhkan camilan yaitu berupa olive fruit dan seperti pizza dough yang tipis dan digoreng

vindextengker

Sebagai pembuka saya memilih beef carpaccio, rucola, keju granapadano, olive oil dengan keceran jeruk lemon.  Carpaccio adalah daging sapi mentah yang diiris tipis lalu ditumbuk agar lebih tipis lagi.  
Sedang Grannapadano adalah keju Itali terkenal bertekstur kerasn dan bila dirasa dilidah terdapat sedikit berpasir, terbuat dari susu sapi dengan proses penuaan berkisar 2 tahunan dan pematangannya mulai dari kulit menuju kedalam, sehingga keju ini keras dan padat bagian luarnya dan sedikit lebih lunak bagian dalamnya.

vindextengker

Cara saya menyantapnya adalah saya letakkaan semua: sour dough bread, olive fruit, tapenade (seperti selai olesan, terbuat dari olive fruit yang dicincang halus, caper cincang, anchovies dan olive oil - warna hitam gelap paling atas), lalu saya ambil sedikit daun rucola dan saya letakkan grannapadano paling atas.  Terakhirnya saya tambahkan olive oil dan keceran jeruk lemon.

vindextengker

Lalu makanan berikutnya adalah white truffle ravioli, yaitu ravioli yang disajikan dengan saus krim dan trufle.  Hidangan pasta panas ini creamy, enak dan gurih.

vindextengker

Makanan berikutnya adalah pizza taleggio dan wild mushroom, yaitu pizza Italia (piza dengan dough tipis, sedang dough yang tebal biasanya disebut American pizza) yang menggunakan keju taleggio, keju lunak alami dan beraroma sangat tajam yang terbuat dari susu sapi mentah.   
Karena terbuat dari susu sapi mentah (tidak dipasteurisasikan) maka keju ini tidak bertahan lama.  Namun enaknya luar biasa, tidak dapat ditulis dengan kata-kata, harus dicicipi sendiri.  Ini adalah salah satu keju favorit saya.

vindextengker

dan makanan berikutnya adalah lamb chop Italian Herb. Menggunakan bahan yang benar2 pilihan dan teknik memasak yang tepat membuat masakan ini menjadi istimewa.  
Lalu setelah ini kami tidak mengambil dessert karena sudah sangat penuh, kami bersepakat mengambil dessert wine sebagai penutup. 

_________

No comments:

Post a Comment