Wednesday, 4 October 2017

SEARED SCALLOPS and BABY LOBSTER with VIN BLANC SAUCE

vindextengker
Santapan ini biasanya saya gunakan sebagai topping angel hair pasta. Setelah pasta direbus lalu ditambahkan dan dicampur dengan virgin olive oil (pastikan yang aromanya kuat) dan sedikit seasoning garam dan merica hitam.  Scallops dan lobster disajikan diatas pasta tsb. 

Bahan saus Vin Blanc
2 buah bawang merah, cincang halus
60 ml white wine vinegar
60 ml dry white wine (saya gunakan Chardonnay)
100 ml cream
60 gram mentega tawar yang masih dingin, potong kecil2

5 buah scallops atau kerang kampak
5 buah baby lobster, kupas
Sedikit tetes virgin olive oil
Garam dan merica putih yang baru digerus
2 – 3 sendok makan mentega tawar

Cara membuat:

Saus Vin Blanc:  panaskan dengan api sedang, panci untuk memasak saus: bawang merah, cuka, wine dan 60 ml air, masak hingga liquid tinggal sedikit.  Tambahkan cream, masak hingga tampak gelembung besar lalu kecilkan apinya.  Masukkan mentega sedikit demi sedikit, biarkan meleleh dulu baru dimasukkan lagi.  Bila api panci terlalu panas, angkat dari api sebentar lalu kembalikan lagi.  Pada tahap ini saus seharusnya berwarna pucat dan bertekstur seperti custard.  Biarkan hangat.

Lumuri dengan olive oil scallops dan lobster secara terpisah.  Panaskan skillet (penggorengan dengan bawah tebal agar tidak mudah lengket).  Pan fry scallop pada kedua sisinya kurleb 1 menit tiap sisi hingga coklat keemasan.  Bumbui dengan garam dan merica. Buat hal yang sama dengan lobster.
Sajikan scallops dan lobster pada piring saji dan siram dengan saus ke atasnya. Boleh digarnish dengan daun bawang atau cincangan fresh herbs.

-------

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...