Wednesday, 25 October 2017

BENTLEY’S Bar and Grill - London

BENTLEY’S Bar and Grill - London

vindextengker

Resto berkelas ini berdiri sejak 1916 terletak di sekitaran Piccadilli - Regent Street, London dan saat ini dioperasikan oleh Michelin-starred chef Richard Corrigan, (chef/owner  dari Corrigan Restaurants). 
Mengkhususkan diri pada Oyster Bar and grill.  Tidak dipungkiri, seafood di Bentley ini termasuk dalam kategori one of the best juga loh.


Berdekatan dengan London Theatre Land, menjadikan Bentley sebagai persinggahan yang tepat sebelum menuju theatre.


Terbagi menjadi beberapa ruangan keren, mewah dan megah dengan design dan fungsi berbeda pada tiap2 ruangan. 

Dan terdapat outdoor terrace dimana saya menikmati oyster dari daerah asalnya yaitu Inggris yang kata orang enak gulinak ini. Selain oyster, resto ini menyajikan caviar dan berbagai olahan seafood.

vindextengker

Assorted Bread terdiri whole wheat, French classic baquette dan rye bread. Disajikan dengan cocolan plain butter tepat pada awal, begitu setelah kita duduk.

vindextengker

Oyster segar, disajikan terbuka tanpa kerang penutup bagian atas dan dialasi dengan es batu agar kesegarannya terjaga.   
Disiapkan pula cocolan ´Mignonet´ terbuat dari red wine vinegar, irisan bawang merah dan sentuhan white peppercorn. 
Bener ya kata orang, oyster ini sangat fresh, rasa segar, manis, lembut, berdaging dan meninggalkan kepuasan ketika oyster melewati tenggorokan.


Cara memakannya yaitu dengan memeras jeruk lemon dan memercikkannya keatas oyster. Lalu menambahkan bangsa setengah sendok teh saus cocolan keatasnya. 
Setelah itu mengambil oyster dengan cara memegang kerang bagian bawah lalu mendekatkan kerangnya ke mulut, dengan sedikit mencongkel sambil menghisap memasukkan ke dalam mulut dan mengulumnya, membiarkannya masuk bebas menuruni tenggorokan. Slurp slurp slurp.
Dipermantab dengan dorongan sesruput wine dingin.  Wuiii nikmat tiada tara!


Ada juga yang mencongkelnya dulu lalu mencelupkannya ke cocolan, setelah itu dengan beralaskan rumah kerangnya dibawa menuju mulut dan di slurp.. woee ini juga enak.


Si oyster ini dijual per piece ya, sekitar  £ 4, dan seorang bisa menghabiskan 4 hingga 6. Biasanya sih 4 mengingat harganya super mahal. Haha

vindextengker

Saya pilih wine Pinot Grigio, anggur putih dengan aroma lemon, lime, apel hijau Itali dan honeysuckles (sejenis bunga yang biasa dihisap oleh humming bird). Si wine ini berkolaborasi sempurna dengan oyster menghasilkan pengalaman yang tak terlupakan.

vindextengker

Crab Cake.  Isiannya termasuk cukup royal, secara suwiran si daging kepiting besar2, terasa manis gurih dimulut. Kami menyantapnya masih dengan wine Pinot Grigio.

vindextengker

Wine ke 2 saya pilih Torre del Falasco, wine dari Veneto – Itali dengan rasa fruity dan aroma percampuran antara buah cery dan plum, dengan finishing aroma puncaknya adalah moka coklat dan sedikit aroma pala. 
Wine ini menyeimbangkan vongole dengan rasa buah2 sehingga menyamarkan rasa gurih dan berat. Intinya membuat vongole landing tepat sasaran di mulut dan perut. 

vindextengker

Linguine vongole.  Yaitu pasta mirip spaghetti hanya pipih tetapi tidak selebar fettucini, dimasak dengan clam (sejenis kerang) dan wine. 
Pengikat karakter pada makanan ini adalah wine yang digunakan yaitu Pinot dan taburan keju parmesan sebagai pemantab yaitu Granna Padanno.. wuiihhh mantab!



Kita tidak mencoba dessert karena ternyata sudah tidak ada ruang kosong dalam perut kita. Semoga lain kali singgah untuk dessert Irish apple tart yang sangat kondang.


_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...