optional

Wednesday 4 October 2017

ROTI MANIS SUSU TABUR ALMON

vindextengker
Roti manis adalah pengembangan turunan dari basic roti tawar.  Cara mengulen adonan yang benar membuat roti bertekstur lembut. Varian isi bisa ditambahkan bila mau. Misal coklat, selai nanas, durian, srikaya dll.

Bahan:
275 ml air hangat suam atau susu segar (fresh milk / full cream)
75 gram gula pasir
2 ½ sendok teh ragi instan
500 gram terigu serbaguna (boleh ditukar 1 sendok makan penuh dengan tepung whole wheat)
50 gram margarin
1 buah telur utuh + 1 kuningnya saja, kocok menggunakan garpu
4 sendok makan irisan tipis kacang almon
2 sendok makan madu atau susu kental manis

Cara membuat:
Campur ragi, 1sendok makan gula pasir, dan 50 ml air atau susu, aduk rata diamkan hingga berbusa atau kurleb 8 – 10 menit. Bila tidak berbusa berarti ragi sudah mati dan perlu diganti dengan yang baru. Sisihkan.

Siapkan loyang dan oles menggunakan margarin tipis2. Bisa diganti dengan menggunakan baking paper sebagai alas. Saya gunakan 4 x loyang ukuran 10 x 20 cm.
Tuang tepung dalam wadah besar, bentuk seperti gunung dan buat lubang ditengahnya. Masukkan telur, gula, campuran ragi, margarin, aduk perlahan sambil tambahkan sisa air sedikit demi sedikit hingga tepung cukup lembab. Lalu ulen hingga kalis. Lalu tutup dengan dengan serbet bersih dan biarkan dalam suhu ruang hingga adonan mengembang 2x lipat atau kurang lebih 1 jam.

Buka tutup serbet dan kempeskan adonan.  Ulen lagi kurleb 2 – 3 menit.  Lalu buat bulatan2 bola dan letakkan dalam loyang, 4 bulatan dalam 1 loyang. Biarkan dalam suhu ruang hingga mengembang lagi, kurleb 20 – 25 menit.  Panggang dalam oven panas 15 menit dengan api sedang kurleb 180 C.  Keluarkan dari oven dan oles permukaan dengan kocokan telur.  Tabur kacang almon masing2 loyang 1 sendok makan.  Masukkan lagi dalam oven hingga matang kecoklatan.  
 Keluarkan dan selagi hangat oles atasnya lagi dengan margarin yang dicampur sedikit madu atau susu kental manis.

---------

No comments:

Post a Comment