Monday, 23 October 2017

CHABLIS

CHABLIS

vindextengker


Perjalanan dari Paris menuju Chablis dan Burgundy memerlukan waktu kurang lebih 1.5 jam menggunakan pesawat. Sebenarnya lebih bagus bila ditempuh menggunakan kendaraan, karena pemandangan luar biasa sangat indah. Country side Perancis memang terkenal dengan lanskapnya yang memanjakan dan meneduhkan mata.


Tibalah rombongan kami di sebuah restaurant untuk menikmatai makan siang di sebuah resto bergaya banguan Perancis pedesaan.  Ruangan dengan dominasi warna putih dan krem dengan perabot warna moka serta table cloth putih membuat interior nampak bersih dan luas.


Mari simak pesanan kami.

vindextengker

Salami proschiuto, smoked ham, oven-dried tomato.  Diawali dengan irisan tipis 3 jenis cold cut: Salami (paling bawah dengan spot2 putih) yaitu sejenis sosis, pada menu ini memiliki diameter 10 cm, yang diawetkan dengan cara mengeringkannya.   
Cara tradisional cukup dengan menggantungnya di udara terbuka untuk beberapa lama nanti akan kering dengan sendirinya.   
Namun cara tradisional ini sudah banyak ditinggalkan karena pertimbangan sanitasi dan hygiene. Pengawetan saat ini dilakukan dengan mengeringkannya dalam ruangan khusus yang sudah diatur suhu ruangan dan kelembapannya. 


Proschiuto (sebelah kanan atas salami) yaitu ham dari Itali yang dikeringkan dan biasanya diiris tipis2 serta disajikan mentah. 


Ham (sebelah atas). Cold cut ini disantap dengan tomat Roma yang dikeringkan menggunakan oven, lalu direndam dengan olive oil dan ditambahkan herbs, garam dan merica.  Semuanya ini menancap pas di lidah. 
Memang ya, makanan di Eropa ini rata2 minim bumbu, bukannya pelit ya, bahan2 baku mereka berkualitas tinggi. Kalau kita perhatikan, tomat mentahnya saja terasa manis.

vindextengker

Pan-seared foie gras Port wine reduction.  Ini adalah hati angsa yang digoreng dengan mentega dan ditambah dengan Port wine, lalu dibiarkan meresap dan kadar alkhohol berkurang dan tinggal aroma Port wine dan foie gras yang akan membawa kharakter khasnya. Si hati angsa ini empuk, lembut, meleleh sempurna menuruni tenggorokan kita. Sulit dilupakan!

vindextengker

Roasted Leg of Baby Lamb. Sajian ini sangat spesial, berdaging empuk mirip veal. Karena harganya lumayan mahal, memasaknyapun kudu hati2, jangan sampai rusak. Bumbunyapun sangat sederhana yaitu garlic, herbs, butter dan dry white wine.  
Fungsi wine adalah untuk memperkaya aroma tetapi tidak terlalu banyak berpengaruh pada rasa. Untuk itu digunakan dry white wine atau wine yang tidak manis.

vindextengker

Roasted Leg of Baby Lamb yang telah dipotong2 dan disajikan dengan jamur dan wortel.

vindextengker

Magret de Canard and Orange Duck Jus.  Dalam bhs Inggrisnya adalah roast duck breast. Ini adalah bagian yang terempuk, dan biasanya dibuat potongan berbentuk steak, lalu dipanggang sebentar untuk mendapatkan tanda pemangganga, dan dilanjutkan dengan memasukkannya ke dalam oven hingga kematangan yang diinginkan. 
Sajian Perancis klasik ini biasanya dimasak medium-rare. Agar rasa daging lebih lembut, dan moist. 
Disajikan dengan saus orange yang dicampur sedikit madu dan thyme untuk penyeimbang.

vindextengker

Brioche.  Brioche adalah roti klasik Perancis dengan komposisi mentega dan telur lebih banyak daripada roti pada umumnya. 
Sehingga lebih gurih, dan lebih lembut. Pada hidangan ini brioche direndam dalam sirup dan disajikan dengan cream, serta buah2 agar lebih segar dan memiliki rasa yang seimbang. 
Saya menambahkannya dengan Myers Rhum agar lebih isis dan nyeeeees!!  Haha..

vindextengker
_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...