Thursday, 12 October 2017

UP in SMOKE – Mega Kuningan Jakarta

UP in SMOKE – Mega Kuningan Jakarta



Sekali lagi saya sampaikan bahwa ini bukan review tentang restaurant, tetapi lebih berfokus pada diary atau catatan makan keluar.  Kalo anak sekolah memiliki agenda tugas2, para muda memiliki catatan daily life nya mereka, ibu2 memiliki expenses note, nah ini diary-nya tukang doyan makan..


Resto dengan menu design barbeque ini bertempat di Mega Kuningan, tepatnya di RDTX Tower. Menyajikan hidangan yang berfokus pada grilling, barbequing meat.  Sampai2 si pemilik men-design sendiri oven untk smoking dan grilling dengan spesifikasi seperti yang dimaui.


Menu2 dibuat simpel, ringan dan dibuat dari bahan berkualitas serta dimasak dengan tehnik yang benar. Mari kita lihat yang saya makan waktu itu.


vindextengker

Smoked brisket with housemade barbeque and shisito pepper.  Brisket adalah daging sapi bagian dada bawah dekat ketiak, biasa disebut sandung lamur.  Shisito pepper adalah seperti cabai besar, dengan rasa pedas sedikit dan dominan manis.  Ruh dari seluruh makan malam saat itu terletak pada smoke brisket ini. Penyajiannya sederhana, tidak terlalu ribet, namun rasanya enak sekali, juicy, manis daging dan berkolaborasi dengan saus secara sempurna.

vindextengker

Burnt ends, hushpuppies - honey butter, grilled corn. Nah ini tidak kalah spesialnya.  Bila smoked brisket diatas adalah bagian yang besar, si burnt ends ini adalah bagian yang ujung.  Misalnya roti, ada orang yang suka bagian tengah ada yang suka bagian pinggir yang gosong2..  Burnt ends adalah bagian yang pinggir.  Disajikan dengan hushpuppies cookies yang di-coated dengan honey butter. 

vindextengker

Hamachi Jalapeno in Ponzu sauce. Adalah jenis ikan yellow tail Jepang disajikan dengan ponzu sauce dan irisan cabai Jalapeno (cabai Mexico).  Ikan yellow tail ini rasanya mirip salmon, gurih, manis dan berlemak ringan klop dengan saus ponzu yang berbahan dasar citrus.
vindextengker

Salmon sashimi.  

vindextengker

Buffalo Devil eggs and chicken skin, hot sauce.  Nah ini adalah telur rebus yang diambil kuningnya, lalu dihancurkan dan diaduk dengan keju dan bumbu2 lain lalu tempatkan kembali ke atas putih telur seperti semula. Kalau yang asli dari Rusia, hidangan ini ditabur dengan kulit babi goreng, bila di sini, cukup ditabur dengan kulit ayam saja. Disajikan dengan sambel pedas resep spesialnya mereka.

vindextegnker

Fried padron pepper. Cabai Spanyol yang digoreng. 

vindextengker

Papuan wildboar sausages, apple, cabbage, watercres, pickle onion.  Ini adalah sosis daging celeng Papua berpadu selaras dengan salad irisan buah apel, kol, selada air, dan acar bawang bombay.  Rasa salad yang kecut manis buah dan segar mengimbangi rasa gurihnya sosis yang kaya akan protein.

vindextengker

Shrimp popcorn.  Udang kecil bungkus tepung yang ditabur dengan wijen.

vindextengker

Nah ini adalah alat untuk memanggang bahan makanan, menggunkan kayu bakar yaitu kayu rambutan agar menghasilkan wangi khas asap yang tentunya berpengaruh pada rasa hasil olahan.

vindextengker
Ini adalah oven untuk membuat makanan yang diasapi.

Sekian dulu eating out hari ini.. TQ dan selamat membaca - VT
_____









RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...