Monday, 23 October 2017

LOBAK GORENG

vindextengker
Lobak goreng adalah salah satu dari sekian ratus jenis dim sum. Biasanya disajikan saat Tahun Baru Cina atau Imlek, dengan maksud membawa keberuntungan.
Penganan ini terbuat dari lobak, termasuk umbi2an berbentuk seperti wortel namun lebih panjang dan berwana putih, ditambah dengan tepung beras dan terkadang ada yang menambahkannya dengan ebi, jamur shiitake, irisan daging babi, sosis babi.  Lalu kukus hingga matang. 
Sebelum disajikan biasanya di pan fried dengan minyak sedikit agar sedikit garing diluarnya namun dalamnya masih tetap lembut. Disajikan dengan cocolan sambal spesial atau sambal botol.

Untuk 10 potong

Bahan:
400 gr lobak
200 gr tepung beras
30 gr cornstarch
300 ml kaldu udang
1 sendok makan gula
Garam dan merica secukupnya
1 sendok teh minyak wijen
300 ml air panas
100 gr ayam panggang merah, potong dadu kecil (boleh diganti dengan babi panggang)
50 gr ebi, rendam dalam air panas lalu cincang kasar

Cara membuat:

Iris lobak tipis memanjang dan rebus dalam air mendidih.  Angkat dan sisihkan.
Campur ayam panggang merah dan ebi.   Tambahkan semua tepung dan masukkan kaldu udang, aduk hingga rata. 
Panaskan diatas api kecil dan masukkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.  Tambahkan campuran lobak, ayam panggang dan ebi.  Masak hingga kental.
Tuang dalam loyang persegi.  Kukus dengan panas tinggi hingga masak.  Angkat dan biarkan dingin. 
Setelah dingin lalu potong persegi.  Dan goreng sebentar dengan minyak sedkit sebelum disajikan.  Sajikan dengan saus sambal atau saus XO / sambel Hongkong.

------

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...