Monday, 30 October 2017

FINO at SEPPELTSFIELD – Australia Selatan

FINO at SEPPELTSFIELD – Australia Selatan

vindextengker


Restaurant ini terletak di pinggiran kebun anggur di dalam area winery.  Mengkhususkan diri pada sajian dengan bahan2 berkualitas yang dihasilkan oleh daerah sekitar yaitu Barossa Valley, dengan tujuan memberikan pengalaman yang tak terlupakan tentang Barossa Valley dan segala isi keunikan serta keindahan alamnya.

vindextengker

vindextengker

Memiliki 3 area luas yaitu area tengah dan luar difungsikan sebagai tempat makan dan basement sebagai tempat menyimpan wine atau disebut cellar. Bagi yang ingin menikmati wine disediakan tempat di dalam cellar.

vindextengker


Mari lihat makanan yang saya pesan saat itu:


vindextengker

Fino with sourdough bread, sumac, sesami and salted butter.  Sourdough bread ini diproduksi sendiri menggunakan natural yeast dan dijadikan signature FINO loaf. Menggunakan tepung campuran antara tepung sprouted grains, wholemeal and tepung rye. 
Disebut sourdough karena rasa asam hasil dari  natural yeast. Perlu diketahui natural yeast jauh lebih bagus untuk kesehatan dibanding yeast yang instant. Artisan bread ini tersedia saat jam makan siang dan sebentar saja ludes terjual. Sourdough bread dicocol dengan sumac, adalah sejenis biji2an mirip wijen, yang disangrai sebentar, wijen dan mentega yang ditambah dengan garam Kosher.

vindextengker

Artichoke and salad hearts, grain and yogurt. Artichoke ini dibuang daun luarnya dan diambil dalamnya saja, karena luarnya berserat dan tajam. Wah salad ini sangat super sekali, segar dan gurih dari kacang2an yang direbus sebentar. 

vindextengker

Fried sardines, verdale olives and salmon. Ikan sardin goreng yang disajikan dengan buah olive jenis verdale, yaitu olive dengan buah yang sedang besarnya antara kalamata dan manzanillo. Ditabur dengan kacang almond dan olive oil.  Ini enaknya ga kira2.. gurih, segar, ringan.. Ya orang Indonesia bila ketemu pindang goreng.. wuiihh bisa dibayangkan. Kalau ada nasi saat itu pasti saya minta nasi hangat dan kalau bisa minta dibuatkan sambel terasi..haha

vindextengker

Air dried blue fin tuna, radish and lemon thyme oil.  Sajian ini sangat spesial, tuna jenis blue fin yang terdapat di laut dalam, mengandung omega yang sangat tinggi, lalu diawetkan dengan cara mengeringkan dalam suhu dan kelembaban tertentu.   
Bila jaman dulu diawetkan di udara terbuka, namun sekarang faktor sanitasi dan hygiene lebih diutamakan.  Si ikan dan radish diiris tipis2 lalu disiram dengan tyme oil dan dikecer jeruk lemon. Keren rasa segarnya dan kaya memenuhi ruang mulut, dan tidak meninggalkan bekas di mulut.

vindextengker

Quail, chicken and vegetable escabeche. Ayam, puyuh dan sayuran yang dimasak dimasak menggunakan wine vinegar. Rasanya asem2 manis enak. Kalau dikita mirip masak ayam bumbu acar kuning. Hehehe.

vindextengker

Grilled chicken, chermoula and cracked wheat.  Adalah ayam panggang yang bumbui mix of fresh herb, earthy spices dan dikecer jeruk lemon. Rasanya gurih, herby dan segar jeruk lemon. Dimakan barengan dengan salad dan baked potato.

vindextengker

Yogurt icecream, pistachio, cumquat and corn bread (paling atas).  Corn bread itu bermacam2, ada yang digoreng, dikukus dll.  Intinya adalah roti yang dibuat dengan tambahan jagung dan menggunakan baking powder sebagai pengembangnya. Dalam sajian ini cornbread panggang ditabur dengan buah cumquat dan kacang pistachio dan diseimbangkan dengan rasa dari yogurt icecream.

Crema Catalannya (bawah kiri). Crema Catalana, kalau dalam bahasa Indonesia seperti cream custard dengan lapisan atas keras dan digosongkan sedikit.  Rasa krimnya kuat, tidak terlalu manis.

Chocolate and hazelnut brownie, prune and blood orange (bawah kanan).  Bronis dengan rasa kacang hazelnut dan coklat ditambah dengan buah prune dan orange yang dimasak dengan gula kental. Rasa kacang dikombinasi dengan rasa manis dan diseimbangkan pas dengan rasa jeruk.

vindextengker

Sedang white wine yang menemani makan siang adalah Quintarelli Giuseppe Bianco Secco 2015. Dengan karakter warna kuning keemasan seperti jerami, bila dicium beraroma buah mirip apricot dan sedikit buah peach, rasa keasamannya ringan dan bersifat tidak agresif. Bila diminum dan ditahan lama dimulut karakter aromatiknya stay fairly long.

Torbreck Runrig 2006, wine asal Barossa yang terbuat dari sebagian besar Shiraz yang berasal dari vineyard Runrig, dengan ciri khas aroma buah2an matang, sedikit berry dan coklat.

Torbreck The Laird 2012, ini juga berasal dari Barossa, hampir sama dengan diatas hanya berasal dari vineyard yang berbeda.
_________

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...