Sunday, 8 October 2017

LE CLARENCE – Paris

LE CLARENCE – Paris

vindextengker


Dari awal memasuki dunia perhotelan, tepatnya perdapuran, salah satu isi bucket list saya adalah menikmati sajian dari Le Clarence Restaurant, yang memiliki the best Wellington Beef seantero dunia.  Saya ingin menikmati tiap detik demi detik irisan beef wellington memasuki rongga mulut saya, dan mengecap perlahan dengan menyatukan hati dan pikiran..bahaha..  yah pada akhirnya salah satu isi bucket list terlaksana.. Puji Tuhan Raja semesta alam..


Terletak di pusat kota Paris, tepatnya di Hotel Dillon, Franklin D. Rosevelt Avenue.  Sebuah resto dengan konsep Perancis klasik dengan sentuhan kuat, berani dan mengetengahkan pengalaman bersantap yang memuaskan.  Menjaga kuat tradisi sembari terus berinovasi adalah filosofi, baik hotel Dillon maupun Le Clarence.


Konsep ini dapat kita tangkap melalui gaya dekor Perancis klasik yang disajikan, dari gedungnya lalu langkah awal menaiki tangga yang membawa kita pada ruangan resto, lukisan, furniture kayu antik, permadani, lampu gantung, tapestries, membantu menghantarkan suasana pada suatu masa abad 18.  Nah bisa dibayangkan bukan?


Mari kita buka catatan menu yang saya santap saat itu.
vindextengker

Ini adalah irisan Beef Wellington (sedang beef wellinton utuh ada pada foto paling atas). Beef Wellington ini terbuat dari steak daging sapi pada tengahnya lalu dibungkus dengan pate dan duxelles (cincangan halus jamur, bawang bombay, bawang merah dan herbs) lalu dibungkus dengan puff pastry dan setelah itu dimasak dalam oven.   

Penyajiannya Beef Wellington ini berbentuk utuh dibawa ke meja tamu, lalu diporsi masing2 dan disiram dengan saus jamur morel. Kulit luar puff pastry garing sempurna dan tidak basah. Berbaur menyatu dengan steak dan cincangan jamur, wow!  Disajikan diatas tray perak cantik gaya klasik abad 18.  Dimata saya, sajian ini sangat sempurna.
vindextengker
Apricot bread, adalah roti yang dicampur dengan buah apricot.  Biarpun kelihatannya sepele yaitu hanya roti yang bertabur apricot, tapi roti ini enak sekali. Disantap hangat dengan butter yang telah dicampur dengan herb atau boleh minta cocolan olive oil bila mau.  
Tekstur luar garing tetapi dalamnya sangat moist dan lembut.
vindextengker
White mushroom, pork belly yang dipercik dengan balsamic dressing.   
Mushroom dan pork belly-nya menyatu lembut dan lumer dimulut.
Rasa gurih diseimbangkan dengan percikan balsamic dressing.  Ahh.. nikmat.
vindextengker

Ini adalah beberapa macam keju asli produksi dari Perancis, salah satu kebanggaan orang Perancis adalah sebagai penghasil keju ter-yamyam. Ga usah diceritain ya, keju Perancis memang semua enak..    

vindextengker

Yang ini adalah pistachio sables sebelah kiri (cookies ala Perancis dengan kacang pistachio), Comte twist puff (comte adalah keju terkenal Perancis), foiegras mousse disajikan diatas French Baguette (foiegras yang dijadikan mousse) dan irisan anggur merah sebagai penyeimbang foiegras mousse.

vindextengker

Stuffed Brioche / roti Perancis
vindextengker
Yang ini tentu tidak kalah enaknya.  Ikan halibut pan-fried (cara menggoreng dengan menggunakan minyak atau mentega yang sangat minim) dengan saus anggur merah disajikan dengan ikan teri goreng yang dibuat pipih menyerupai kerupuk tispisnya.  Sepintas kilas miris teri nasi Medan. haha
vindextengker

Daun bayam dan daging kepiting beignets, kalau dalam bahasa kita disebut gorengan daun bayam dan daging kepiting.  Ini jempolan juga.
vindextengker
Langostine, bacon dan salad cumi2. Hidangan ini cukup menarik buat saya, si cumi2 dibuat salad sedemikan rupa dan tinta cumi2 ditambahkan pada vinaigrette dressing, sehingga menghasilkan warna hitam yang menarik.

Nah, demikian suatu malam bersantap pada Resto Le Clarence yang pada tahun 2017 ini  mendapat penghargaan 2 bintang dari The Famous Micheline Guide.


_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...