Tuesday, 3 October 2017

POACHED SCALLOPS and AVOCADO TARTAR

vindextengker

Scallops adalah daging kerang kampak yang bercangkakang pipih dan lebar, dagingnya berwana putih susu, dengan tekstur lembut empuk.  Ada juga yang menyebut daging dari kerang simping.  Ada yang dijual fresh, frozen ataupun kering berwarna kecoklatan.  Yang kering bila akan digunakan biasanya direndam terlebih dulu atau bahkan ada yang mengukusnya dulu.

Bahan scallops poached:
6 buah scallop
1 sendok makan olive oil
½ buah wortel, iris panjang
½ buah daun bawang, iris panjang
½ cangkir air
3 sendok makan white wine (boleh tidak)
½ sendok teh garam
¼ sendok teh merica hitam
Sejumput tobiko untuk hiasan

Cara membuat poached scallops:
Panaskan 1 sendok makan olive oil pada penggorengan anti lengket dengan api sedang. Masukkan wortel dan daun bawang, tumis kurleb 2 menit hingga layu.  Tambahkan air dan wine (bila suka) dan biarkan hingga mendidih.  Sementara itu bubuhi scallop dengan garam dan merica lalu letakkan diatas sayuran tsb dan tutup.  Masak hingga scallop lunak kurleb 8 menit.  Angkat.

Tartar sauce

Bahan:
2 sendok makan extra virgin olive oil
2 sendok makan cincang bawang bombay Spanyol (merah)
1 sendok makan jus lemon
1 sendok makan capers
1 sendok makan cincang paterseli
½ potong cabai Mexico Jalapeno, iris
3 tetes kecap Inggris (Worcestershire sauce)
Secukupnya Garam (saya gunakan garam Kosher) dan merica hitam yang baru digerus
2 buah alpukat matang, iris dadu kecil

Cara membuat
Dalam wadah, campurkan olive oil, bawang bombay, mustard, jus lemon, capers dan peterseli.  Campurkan cabai jalapeno dan kecap Inggris dan koreksi rasa dengan garam dan merica.  Perlahan masukkan alpukat dan campur hingga rata, hati2 agar alpukat tidak hancur.  

Cara menyajikan:
Cetak bulat dan letakkan pada tengah piring.  Lalu atasnya letakkan scallop poached. Hias dengan tobiko.  Biasanya disajikan dengan baquette toasted.

---------

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...