Tuesday, 10 October 2017

DINNER MENU IDEA 1

Folder DINNER MENU IDEA ini saya tujukan untuk teman2 yang sedang mencari ide menyusun menu dinner. Sekedar sebagai tambahan perbendaharaan menu. Diharapkan agar nantinya teman2 lancar dalam mengkombinasikan antar masing2 menu.  Folder inipun belum sempurna.  Bila ada masukan2, silakan isi di colum comentar. Sedang untuk resepnya nanti akan saya coba masukkan ke dalam folder resep pada blog saya. 

Menu2 dibawah ini pernah saya siapkan untuk dinner private party sejumlah 50 orang dewasa dengan pairing beberapa wine.  Saat itu pemilik memberi kebebasan saya untuk memilih bahan berserta kwalitas bahan yang sesuai dengan menu.  Saatnya “go wild” dengan bahan2 keren!


vindextengker
Choux with blue-cheese cream, candied walnut and raspberry
Sebagai pembuka sajian kanape (Canapé adalah sejenis hors d'œuvre, makanan kecil gurih atau pedas yang dibuat dekoratif dan dihidangkan saat cocktail reception.  Kenapa gurih atau pedas? To encorage people to drink morE)

Choux pastry (kulit sus gurih) dengan isian Blue-cheese yang dijadikan Cream, kacang walnut yang dimasak dengan sedikit gula dan cinnamon, lalu buah raspberry untuk memberikan rasa segar. Blue cheese cream dengan rasa dominan agak asin dan bau yang tajam bercampur dengan kacang walnut dengan rasa sedikit manis dan cinnamony bercampur sempurna dengan asem segarnya raspberry. 
Dibungkus dengan choux gurih dan saya tambahkan lettuce sedikit agar warnanya lebih menarik.

VINDEXTENGKER
Smoked eel and poached pear.
Eel asap dan poached pear disajikan dalam sendok bebek porcelen agar menarik dan mudah disantap. Rasa daging eel yang lembut gurih berpadu klop dengan buah pear. 

Agar buah pear bertekstur lembut sepadan dengan eel, sebaiknya di”poached” dengan tambahan sedikit spices agar balance. (dalam memasak, tehnik poaching adalah memasak bahan makanan dengan cara mencelupkan bahan tsb kedalam liquid misal air, susu, stock atau wine, dengan menggunakan api rendah)

VindexTengker
French oyster with kemangi and lemon cui foam, escargot curry butter,  avocado tartar and pickled root veg.
Disini yang menjadi peran utama pada sajian adalah oyster (kerang kampak) dan escargot (bekicot).  Jadi pilih bahan yang the best dengan tehnik yang pas dan klop dengan penemannya agar ruh dalam sajian dapat sampai kepada penikmatnya.

Saya pilihkan oyster dari Perancis karena a firm texture and a crisp, mild taste, dikombinasi dengan saus dari kemangi dan jus jeruk cui yang dibuat foam.  Lalu didalam serving tersebut saya masukkan escargot disiram sedikit dengan saus curry butter, disajikan juga dengan alpukat dan mayones-aioli dan acar sayuran. Dipermanis dengan bunga telang.

vindextengker
Foiegras dumpling with asam iga Palembang broth.
Pangsit isi hati angsa di ‘panfried’ – tekstur lembut dengan rasa gurih, mewah, lalu iga yang dimasak dengan kuah asam2 Palembang memiliki rasa gurih daging iga dan kecut segar dari kuah asamnya, dimana saya menggunakan belimbing sayur, selain sebagai penguat cita rasa juga sebagai pemanis plattingnya.

vindextengker
Herb crusted Japanese gindara lump crab cake, cassava gulai sauce.
Ikan gindara fillet yang memiliki sensasi rasa mentega berlapis daging kepiting ditambah dengan herb-spices yang dicincang halus, disajikan dengan alas daun singkong masak kuah gulai.


vindextengker
Japanese wagyu A5, oxtail semur ragout, goat cheese croquettes.
Wah beruntung sekali saya mendapatkan Japanese wagyu A5, seperti kita ketahui bahwa wagyu A5 ini langka dan sangat terbatas.  A5 ini saya padukan dengan buntut yang diiris kecil2 lalu dimasak semur. Dan disajikan dengan seperti risol keju dari susu kambing.  Perpaduan ketiga makanan dalam satu piring ini sangat pas dan klop sekali.

vindextengker
Flourless chocolate cake, seasalt caramel ice cream dan macerate strawberry
Chocolate cake ini dibuat tidak terlalu manis, boleh dibilang pahit chocolate lebih dominan lalu caramel ice cream memiliki rasa seimbang antara manis dan asin seasalt. Paduan ringan yang elegan.
--------

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...