Wednesday, 25 October 2017

KONG DJIE COFFEE – Gading Serpong

KONG DJIE COFFEE – Gading Serpong

vindextengker


Sering lewat di depan Kong Djie Coffee – Gading Serpong, tertarik dengan pot atau teko kopi yang tinggi menjulang berjejer 3 di counter depan, mirip orang sedang berkacak pinggang, hanya saja tidak pernah kepikiran untuk mampir. 


Setelah saya membuka file trip ke Belitung, terpampang foto Kong Djie Coffee dengan pot persis berjajar 3 sama serperti di Gading Serpong. Sepertinya itu ciri khas exterior kopi Kong Djie. Dan tentu ciri khas lain adalah house blend kopi-nya itu sendiri yang terdiri dari campuran lebih dari 1 jenis kopi, lalu cara pembuatannya dan bila ditambah susu kental manis atau evaporated susu, merekapun memiliki brand khusus susu kental manisnya.


Lalu beberapa waktu setelah itu saya mampir untuk sekedar ngopi dan berkangen-kangenan dengan mie Belitung Atep, makanan spesial dari Belitung, pulau kecil berdekatan dengan Pulau Bangka. Ya, beberapa waktu lalu Bangka lebih terkenal dari Belitung. Namun setelah peluncuran film Laskar Pelangi yang mengambil lokasi pembuatan di Belitung, seakan tiba2 orang mulai melihat Belitung yang cantik, tidak kalah dengan Bangka, dan memiliki keunikan tersendiri.


Memang ya disetiap makanan yang kita makan biasanya mengandung kenangan didalamnya, terutama kenangan waktu kecil atau kenangan akan kampung halaman.

vindextengker

Mie Belitung Atep, terbuat dari mie kuning, potongan kentang rebus, tahu goreng, irisan bakwan udang, ketimun, udang rebus dan taoge, yang disajikan dengan menyiramkan kuah kaldu udang berbumbu dan ditemani oleh kerupuk emping goreng.

Kuah kaldu udang yang berwarna kecoklatan membawa rasa gurih dari udang dan manis dari gula aren.  Perpaduan cantik dengan rasa yang pas yang tidak didapati dari daerah lain.  Disajikannya menggunakan alas daun simpur ini memperkuat kharakter mie Belitung Atep dan letak kekuatan makanan ini adalah siraman racikan komposisi kuah udang yang pas, antara gurih dan manis yang tidak menonjolkan diri satu dengan yang lain.
vindextengker


Cireng dan Rajugan. Cireng kepanjangan aci goreng, terbuat dari tepung tapioka dan tepung terigu ditambahkan bawang putih dan kaldu sebagai penyedap rasa lalu digoreng.  Disajikan dengan cocolan sambal pedas manis.  Pas sekali dengan racikan kopinya.

vindextengker

Ranjungan goreng.  Ranjungan adalah binatang mirip kepiting yang hidupnya di laut saja.  Sedang kepiting hidup di laut atau air tapi bisa jalan2 ke darat juga.  Ranjungan goreng ini adalah camilan khas Belitung terbuat dari daging ranjungan yang dibumbui dengan merica hitam dan menggunakan telur sebagai perekat dan ditempatkan balik ke cangkangnya lalu digoreng.  Cangkang difungsikan sebagai tempat agar kelihatan lebih menarik, jangan dimakan ya, keras.. haha

vindextengker

Singkong goreng. Seperti singkong goreng berbumbu sederhana pada umumnya, yaitu bawang putih lalu digoreng.  Namun pemilihan singkongnya kudu pas biar hasilnya empuk dan gurih. 
 ______

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...