Wednesday, 4 October 2017

HOT TOMATO SOUP and LUMPIA LOBSTER SHIITAKE

vindextengker
Sup tomat dengan isian lumpia lobster atau udang karang ini pernah saya siapkan untuk Gala Dinner Martel Indonesia chapter.  Berdampingan dengan minuman keras dari Perancis ini, sup tomat dan lumpia lobster ini berkolaborasi dengan sangat sempurna dan masing2 memberikan rasa yang tidak mendominasi satu dengan yang lain.

Hot Tomato Soup

Bahan:
1 kilogram tomat Roma matang (kenapa tomat Roma, karena lebih manis daripada yang lain)  belah menjadi 4 bagian
1 buah bawang bombay, cincang
1 buah wortel, cincang
1 tangkai seledri, cincang
2 sendok makan olive oil
2 sendok teh tomat puree (beli dari supermarket)
2 lembar daun bay, robek menjadi 2 bagian masing2
Sejumput gula dan merica hitam
1 liter kaldu sayuran (bila malas membuat kaldu sayur bisa diganti dengan 4 sendok teh bouillon powder ditambahkan ke air mendidih atau 2 dadu kaldu sayur – disarankan membuat kaldu segar agar rasa lebih nikmat)

Cara membuat:
Belah tomat menjadi 4
Panaskan 2 sendok makan olive oil diatas wajan dengan api kecil. Tumis bawang bombai, wortel, seledri hingga layu. Masukkan 2 sendok teh tomat puree, aduk rata. Masukkan tomat iris aduk dan tambahkan gula dan merica hitam. Koreksi rasa.  Masukkan daun bay dan aduk rata. Tutup dan biarkan hingga tomat layu, kurleb 10 menit. 
Perlahan tuang 1 liter kaldu sayur dan besarkan apinya, biarkan hingga mendidih. Lalu kecilkan apinya lagi, masak kurleb 25 menit. Angkat tutupnya dan biarkan sebentar. Angkat dari api.

Buang daun bay dan biarkan agak dingin sedikit.  Lalu blender hingga halus.  Sisihkan.

Lumpia Lobster shiitake

Bahan:
200 gram lobster boleh diganti dengan udang
50 gram bawang putih, cincang halus
½ buah cabai merah beras, iris tipis
3 buah jamur shiitake yang kecil, rendam dalam air hangat, iris tipis
1 lembar sawi putih, iris halus
2 batang seledri, iris
1 sendok teh saus oyster
Garam dan merica secukupnya
5 lembar kulit lumpia
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat lumpia lobster shiitake:
Tumis bawang putih hingga harum lalu masukkan semua bahan satu persatu, aduk dan bumbui dengan garam dan merica. Angkat lalu biarkan dingin. Ambil selembar kulit lumpia dan isilah dengan bahan2 isian lobster di tengahnya, lalu gulung. Goreng dalam minyak panas sampai kecoklatan. Angkat.

Cara menyajikan:  panaskan sup tomat lalu tuang dalam mangkuk saji.  Belah dua lumpia lobster lalu letakkan ditengah2 sup tsb.  Hias dengan cream sedikit saja.

---------

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...