Friday, 6 October 2017

CAESAR SALAD and CALAMARI GORENG TEPUNG

vindextengker
Legenda mengatakan bahwa Caesar Salad ini diambil dari nama penemunya yaitu Caesar Cardini, si pemilik resto Italia-Amerika di Tijuana – Mexico.  Diperkenalkan dan ditenarkan oleh orang2 yang berkunjung ke restonya yang kebanyakan orang Amerika. Maka terkenalah bahwa Caesar salad dari Amerika. 

Caesar salad klasik terdiri dari Romain lettuce, crouton, ayam suwir, telur rebus, anchovies dan caesar dressing. Namun saat ini banyak resto yang memberikan variasi lain, yaitu mengganti ayam dengan smoke salmon, calamari dll. 

Nah yang saya buatkan ini adalah Caesar salad dengan calamari goreng, dengan dominasi rasa gurih kriuk2 kegemaran orang kita.  Ada sedikit perbedaan Romain lettuce import dengan lokal.  Sama2 enaknya tapi yang import lebih keras dan krenyes2, bila di toss dengan dressing, Romain lettuce masih tetap renyah dan bertahan lama.  Sedang yang lokal, begitu disiram dressing, dia akan kehilangan krenyes2nya atau layu.  Oleh sebab itu, bila menggunakan lettuce lokal, sebaiknya saus dipisah pada wadah lain, sehingga bila salad tiba di meja tamu, daun lettuce masih segar.
vindextengker
Calamari Goreng Tepung

Bahan:
300 gram calamari / sotong, iris tebal 1 cm (seperti bentuk cincin)
3 buah putih telur
120 gram tepung serbaguna
70 gram tepung maizena
Garam secukupnya
100 ml air es

Cara membuat calamari goreng tepung:
Kocok putih telur menggunakan garpu, tambahkan tepung serbaguna, maizena dan garam.  Tuang air es aduk rata. Lalu masukkan calamari dan goreng dengan minyak panas.  Buat adonan ini saat sebelum menggoreng calamari agar calamari goreng tepung tetap renyah.

CAESAR SALAD

Bahan:
120 gram romaine lettuce, potong
40 gram keju Granna Pandanno, iris tipis2 lebar
Campur lettuce dengan dressing dan atur pada piring saji untuk salad.  Tabur dengan keju Granna Padanno. Letakkan calamari goreng tepung diatasnya. Boleh ditambah crouton. (lihat resep crouton pada hal yang lain)

CAESAR DRESSING (cukup untuk 10 porsi, sisa masukkan dalam botol dan simpan dalam kulkas)

Bahan:
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sendok teh anchovy, haluskan atau bisa beli yang paste di supermarket
2 sendok makan jus lemon dari 1 lemon
1 sendok teh Dijon mustard
1 sendok teh kecap Inggris (Worcestershire sauce)
1 cangkir mayonnaise (gunakan brand yang bagus karena ini akan mempengaruhi rasa)
½ cangkir Parmigiano-Reggiano parut
¼ sendok teh garam Kosher
¼ sendok teh merica hitam, baru gerus

Cara membuat Caesar dressing:
Siapkan wadah, kocok bawang putih, anchovy, jus lemon, Dijon mustard dan kecap Inggris.  Masukkan mayonnaise, keju Parmigiano Reggiano, garam dan merica.  Kocok dengan cepat hingga tercampur rata. Koreksi rasa.  Masukkan dalam botol, simpan dalam kulkas hingga 1 minggu.

--------

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...